12 pilar marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yang sangat dahsyat,
yakni 12 cara menyentuh target market.
Kebanyakan orang hanya melakukan
sebagian saja. Padahal, jika mampu melakukan kedua belas pilar ini, orang tersebut
akan mendapatkan hasil yang sangat dahsyat.
1. Publik Relation, Publisitas, atau Press Release
Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release,
padahal hal itu adalah sarana awareness yang paling murah dan efektif karena
dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang sekaligus.
Bagaimana caranya?
- Harus layak berita
- Kirim kepada lebih dari 1 majalah
- Tulis dalam surat pengantar, nama majalah-majalah yang dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yang paling cepat memberikan respons yang boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif
- Follow up dengan telepon
2. Referral
Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalah member get
member.
3. Endorsement
Yang menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan referral.
Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak seorang lainnya
maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement satu orang bisa mengajak
seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya
4. Advertising
Iklan ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal, Majalah,
Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio, Kartu Nama, dll
5. Direct Mail
Biasanya direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan yg siapapun
membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk direct mail adalah
Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker Nomor Penting, dll
6. Direct Sales
Direct sales adalah penjualan yang dilakukan secara langsung kepada target
market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak penting
dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari penjualan kita.
Kita harus selalu memberikan insentif dan training yang memuaskan
7. Direct Agent
Jika produk-produk kita memiliki jangkauan (persebaran) yg luas, sebaiknya di
setiap kota kita memiliki agen. Ini bisa dengan Franchise, Cabang, Distributor,
Multi Level Marketing, Licensing
8. Host Beneficiary
Anda mempromosikan Produk & Jasa Anda langsung kepada customer perusahaan
lain. Contohnya isi ulang pulsa sekian ribu gratis 1 liter pertamax
9. Telemarketing
Menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Untuk melakukan
hal ini diperlukan Sales Script yg benar2 teruji agar telemarketing dapat
menyentuh target market yg tepat
10. Joint Venture
Kerjasama dua pihak atau lebih. Joint Venture juga bisa dilakukan dengan
kompetitor Anda, jika memang jadwal produksi kita sedang padat, dll. Dengan
Begitu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena jika suatu ketika jadwal
kompetitor kita yg padat, tidak menutup kemungkinan mereka akan melempar
(mengingat) kepada Anda.
11. Memberikan Seminar
Daripada kita beriklan besar-besaran di sebuah media tanpa fokus pada target
market dengan hasil yg tidak optimal, sebaiknya kita melakukan pilar marketing
yg kesebelas ini, yakni mengadakan seminar. Dengan memberikan seminar
sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market kita (tentu saja jika
seminarnya dipersiapkan dengan matang)
12. Canvasing / Booth
Pilar ini sangat tepat jika dilakukan pada target market yg tepat. Cara ini
biasanya banyak digunakan oleh mal-mal besar. Contohnya adalah menggunakan
Sales Promotion Girl atau SPG.
Segala hal harus senantiasa dites, diukur dan dilakukan monitoring secara
berkala, karena dengan begitu kita jadi tahu letak kesalahannya dan bisa
memperbaikinya sedini mungkin sebelum terlambat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar