Senin, 23 Januari 2012

Kiat Memilah Informasi

Kesuksesan berawal saat kita berhasil memilah informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Tidak semua informasi perlu dihafalkan. Namun yang lebih penting adalah kita mengetahui dengan pasti tempat di mana kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan. It is not important to know what the answer is but to know where to find the answer.
Ketika menghadapi suatu permasalahan, kita tidak harus tahu semua jawaban. Tetapi yang lebih penting adalah kita harus tahu di mana mencari jawaban itu.

Berbicara tentang ilmu pengetahuan, mengingatkan kita akan nama Albert Einstein. Ada sebuah cerita pendek yang menarik tentang Bapak Ilmu Pengetahuan Dunia itu. 


Pada suatu hari Einstein sedang mengantri karcis. Dia akan mengurus suatu surat penting. Dia ambil karcis lalu antri. Ketika sampai di ujung meja yang dituju, Einstein diinterview. “What’s your name?” Dia menjawab, “Albert Einstein”. Lalu ditanya lagi, “Your address?” Einstein menyebut jalan serta nomor rumahnya. Lalu ditanya lagi, “Your telephone?” Einstein menjawab, “Wah saya tidak tahu nomor telepon rumah saya”.Si penanya kaget mendengar jawaban itu. “Gimana sih kamu ini. Anda kan Einstein yang terkenal di dunia itu. Kok tidak tahu nomor telepon rumahmu sendiri,” tandas penanya dengan nada terheran-heran. Einstein dengan tegas menjawab, “Lho, nomor telepon itu gampang. Saya tulis di kertas, saya masukkan ke kantong dan kalau ada yang tanya, saya keluarkan dari kantong. Nomornya sekian, sekian, sekian. Mengapa nomor telepon harus mengotori pikiran untuk dihafalkan. 

Padahal saya bisa mencarinya dengan mudah di dalam kantong saya,” jawab Einstein dengan panjang lebar.

Jawaban Einstein itu memang berkesan exaggerated alias dibesar-besarkan. Tetapi intinya adalah akan jauh lebih berguna bila kita menggunakan otak kita untuk urusan-urusan yang penting, daripada untuk sekedar mengingat sesuatu yang tidak terlalu penting. Kita tidak perlu menghafalkan segala hal, karena kita tidak punya cukup waktu, tenaga atau semangat untuk menghafal semua yang ada di dunia ini.

Pengetahuan dan penemuan komputer setiap kali berubah. Asalkan kita tahu bagaimana kita mencari informasi pada saat dibutuhkan, itu sudah cukup. Kecuali skill yang setiap hari Anda pakai untuk melakukan sesuatu, hal serta informasi-informasi lain dapat Anda cari dengan mudah. Ada bermacam-macam metode mencari. Mulai dari internet sebagai sumber informasi terbaik di dunia hingga bertanya pada ahlinya.

Kita tidak perlu menghafalkan semua informasi. Yang penting Anda tahu di mana bisa mendapatkan informasi itu, bilamana dibutuhkan. Jadi, knowing where to find the answer is the most important thing. Tidak bisa kita hanya sekedar mengetahui semua hal di dalam hidup ini. It is not important to know what the answer is but to know where to find the answer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar