Rabu, 01 Februari 2012

7 Kunci Agar Memiliki Perilaku dan Mental Positif

Ada lelucon lama tentang seorang gadis kecil yang memiliki perilaku yang sangat baik. Dia selalu terlihat bahagia dan bersemangat. Saudara laki-lakinya memiliki perilaku yang sebaliknya. Pada suatu hari libur akhir tahun, untuk mengganggu dan menguji adik perempuannya, saudara laki-laki yang nakal tersebut telah menyiapkan hadiah sebuah kotak yang diisi kotoran kuda. Dia muak dengan saudara perempuannya yang selalu berperilaku positif. Dia pikir hal ini pasti akan membuatnya berubah. 

 Pada hari Natal, ketika gadis kecil itu membuka kotak hadiahnya dan melihat kotoran tersebut, di berteriak, "Wow.. mana kuda poni-nya?" Benar-benar perilaku yang hebat! Disini akan diberikan beberapa cara untuk memiliki perilaku mental positif walaupun ada tantangan yang harus dihadapi. Mengapa sebagian orang memiliki sifat positif dan yang lainnya negatif? 

Dari penelitian ku, ditemukan 7 'kunci' yang dimiliki orang-orang berperilaku mental positif, yaitu sebagai berikut : 

KUNCI-01: Pilih perilaku anda dari awal Ketika anda bangun tidur.. anda memiliki pilihan. Anda bisa merasakan mood yang jelek atau mood yang baik. Anda juga dapat memilih perilaku anda.

Anda bisa bangun dan bergumam pada diri anda "ini akan menjadi hari yang menyebalkan" atau anda dapat pula berkata "ini akan menjadi hari yang hebat!". Pilihan yang segera ini merupakan awal dari perilaku yang hebat. Anda telah menentukan bahwa ini akan menjadi hari yang baik. 


KUNCI-02: Bayangkan kesuksesan anda. Ini artinya anda membayangkan hari kesuksesan anda. Para pelari di lomba Maraton Boston membanyangkan diri mereka melewati garis finish.

Mungkin tidak di tempat pertama, tapi tetap menyelesaikan pertandingan 26 mil tersebut. Penggambaran diri (self-visualization) merupakan faktor kunci dalam proses memiliki perilaku mental positif. Apakah ini akan berhasil 100%? Saya berharap demikian. Bagaimanapun, dengan membayangkan kesuksesan anda, anda akan lebih memiliki kendali terhadap apa yang terjadi.


Dan kesempatan yang lebih baik untuk membuatnya menjadi kenyataan. 


KUNCI-03 : Perlihatkan humor, energi dan antusiasme. Kami menyebut ketiga hal ini bahan AJAIB. Karena jika salah satu tidak ada, akan sangat sulit menciptakan perilaku mental positif. Pertama, HUMOR. Normalnya selalu ada humor dalam setiap situasi. KUNCI-nya adalah menemukan hal tersebut. Terkadang anda perlu menggali sedikit lebih dalam untuk menemukan humor dalam suatu situasi. Tapi sekali dilakukan, anda akan merasa jauh lebih baik. ENERGI yang kita bicarakan di sini sangat penting, karena tanpa 'energi' dalam tindakan anda, anda akan terseret-seret di belakang orang-orang. Energi berhubungan erat dengan bahan yang ketiga yaitu ANTUSIASME. Ayah saya dulu sering berkata, "Nancy, antusiasme itu menular; ayo kita mulai membuat suatu wabah." 

KUNCI-04 : Lawanlah pengaruh negatif. Ini adalah fakta. Jika kita memiliki pengalaman negatif dengan suatu perusahaan, kita akan bercerita ke banyak orang tentang hal itu daripada jika kita memiliki pengalaman yang baik dengan perusahaan yang sama.

Dan seringkali, ketika kita mendengar bahwa beberapa tempat tidak terlalu bagus,
maka anda akan percaya pada orang yang mengatakannya, dan anda memilih untuk tidak bekerja sama dengan tempat-tempat tersebut.


Walaupun begitu, anda mungkin baru mendengan SETENGAH dari cerita. Periksa lagi supaya anda yakin.


Terutama jika hal negatif itu berkenaan dengan seseorang yang bekerja dengan anda atau yang anda kenal.


Saya yakin kita semua pernah mendengar hal negatif tentang orang-orang yang belum kita kenal dan ketika kita memilki kesempatan bertemu orang-orang tersebut, ternyata mereka tidak seburuk yang diceritakan orang. Malah mungkin mereka orang yang menyenangkan. Tapi anda-lah yang harus menentukannya.


Keluarkanlah halhal negatif dari kehidupan anda. Hindari orang-orang yang menyeret anda ke bawah dan mengatakan hal-hal negatif sepanjang sepanjang waktu.
Berada di dekat orang-orang yang positif merupakan awal yang baik. 


KUNCI-05: Jadilah orang yang BERUSAHA SEKUAT TENAGA. KUNCI ini berarti jadilah 'problem solver'. Hidup akan selalu memberi tantangan di depan kita. Bagaimana kita menyelesaikan tantangan itu adalah faktor KUNCI-nya.

Biasanya selalu ada jawaban bagus untuk setiap masalah yang kita hadapi.
Dale Carnegie mengatakannya dengan sangat baik. Tanyalah diri anda,
"Hal terburuk apakah yang bisa terjadi di sini?" Lalu majulah dari sana. 


KUNCI-06 : Rangkul perubahanharapkan dan terimalah. Sebagian orang begitu baik dalam menghadapi perubahan.. dan sebagian lagi begitu melawannya.

Kami mempunyai istilah lucu di rumah kami รป Masih terdengar ayah saya berkata :
"Nancy, nanti kalau kamu berubah pikiran.. pikirkanlah yang baik.


"KUNCI utama dalam menghadapi PERUBAHAN adalah dengan menerimanya.
Hadapilah. Dalam kebanyakan kasus, sedikit yang bisa kita lakukan untuk menghentikannya 


KUNCI-07 : Bersyukurlah untuk yang sudah anda miliki. Saya tidak yakin KUNCI yang satu ini harus dijelaskan. 

Begitu banyak orang yang sudah memiliki segalanya. Tapi orang-orang itu seringkali yang kerap mengeluh.


Mengapa menunggu sesuatu merubah hidup anda untuk mensyukuri semua yang sudah anda miliki?


Bersyukurlah, SEKARANG sebelum sesuatu yang buruk terjadi dan membuat anda sadar. Kami tahu masih ada lebih banyak KUNCI untuk memiliki Perilaku Mental Positif, tapi ini adalah tujuh kunci pertama. Gunakan dalam keseharian anda, maka semuanya akan berjalan lancar. Semoga berhasil. Dan ingat, selama anda melakukan tugas-tugas anda, jangan lupa untuk menyertainya dengan senyuman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar