Pasti ada satu alasan mengapa banyak orang sering berhenti
menyelesaikan suatu proyek atau tugas mereka, entah itu tugas kecil atau
besar, pada titik-titik tertentu. Mungkin mereka merasa tugasnya sangat
menumpuk atau sangat sulit untuk dikerjakan sehingga mereka frustasi
dan stress. Akhirnya mereka berhenti mengerjakannya atau setidaknya mereka berpikir untuk berhenti.
Saat mereka frustasi, otomatis akan tercipta suatu penghalang dalam
diri mereka yang menyebabkan motivasi mereka untuk tetap melanjutkan
pekerjaan terganggu. Antusiasme mereka yang tinggi saat mereka melakukan
tugas tersebut pertama kali akan turun dengan sangat drastis dan
kemungkinan mereka berhenti menyelesaikan tugas di tengah jalan
sangatlah besar.
Apakah yang biasanya mereka sering lakukan di saat seperti itu?
Mereka akan berjalan dengan menyeret kakinya, membuat kopi dan ketika
bertemu dengan seseorang yang ‘tepat’, mereka akan menghabiskan
beberapa menit untuk melakukan pembicaraan satu arah, mengeluh tentang
proyek atau tugas yang sedang mereka kerjakan. Mungkin secara tidak
sadar anda pernah mengalaminya.
Ketika mereka telah selesai mengeluh, mereka segera kembali pada
tugasnya dan berpikir dengan penuh keraguan dan kebencian, bagaimana
mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka tersebut.
Daripada anda jatuh pada keadaan yang lebih sulit lagi dan menambah
frustasi anda, saya akan mencoba berbagi 5 cara bagaimana anda tetap
produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah anda mulai
serta antusias terhadap apa yang anda kerjakan:
1. Pecahlah tugas anda menjadi beberapa bagian kecil.
Anda hanya perlu membagi tugas anda (break down) menjadi
bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih terkendali. Sebagai contoh:
anda memiliki target pribadi untuk membuka sebuah usaha. Jika yang
terpikirkan oleh anda hanya membuka tempat usaha dengan segera, maka
anda bisa-bisa frustasi di tengah jalan. Yang perlu anda lakukan adalah
membagi tugas anda tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil,
seperti: survei lokasi, mencari supplier, mengurus perijinan, mencari
pegawai, membeli perlengkapan usaha dan melakukan aktivitas promosi.
Bukankah terlihat menjadi lebih mudah?
Dengan membagi tugas anda menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, akan
membuat pekerjaan anda juga menjadi tidak membosankan. Ketika anda
berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, anda akan merasa terpuaskan dan
gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga untuk melangkah
ke tugas kecil berikutnya.
Tetapi sebelum anda melanjutkan ke tugas berikutnya, ada baiknya anda
memberikan penghargaan untuk diri anda sendiri, misalkan membeli
secangkir kopi starbucks atau apapun yang bisa memanjakan anda untuk
merayakan pencapaian yang telah anda lakukan.
Ketika perayaan tersebut berakhir, kembalilah pada pekerjaan anda dan
mulai melakukan tugas kecil anda berikutnya. Saya yakin mood anda saat
itu akan sangat berbeda. Anda akan lebih produktif dan lebih termotivasi
dalam bekerja. Di satu sisi anda akan berusaha mencari lagi
penghargaan-penghargaan berikutnya.
2. Manfaatkan efek bola salju.
Coba anda temukan bagian dari tugas anda yang yang paling
menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan mudah dan cepat
menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mungkin anda pernah mendengar tips
mengerjakan soal ujian : mulailah dari yang mudah terlebih dahulu,
tinggalkan dulu yang soal-soal yang sulit. Jika anda hanya berkutat pada
soal yang sulit, anda akan stress dan kehabisan waktu, sementara masih banyak soal yang belum dikerjakan. Prinsip ini pun sama digunakan dalam menyelesaikan tugas atau proyek anda.
Ketika anda selesai mengerjakan bagian dari tugas yang menyenangkan,
secara tidak sadar anda telah selangkah lebih maju menuju penyelesaian
tugas atau proyek anda. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri
dan motivasi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang lebih
sulit. Ketika anda berhasil kembali menyelesaikan, rasa percaya diri
anda semakin tinggi lagi. Inilah yang disebut efek bola salju.
3. Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Beberapa orang memiliki sifat ingin cepat menyelesaikan pekerjaannya.
Sifat ini sebetulnya baik, namun yang kurang baik adalah jika hal itu
dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas secara serentak. Saya pun
dulu suka melakukan kebiasaan
yang kurang baik seperti ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan yang
terselesaikan, justru memakan waktu yang lebih lama. Rasa-rasanya
superman pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sekaligus.
Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata anda. Selesaikan tugas
anda satu per satu. Saya jamin anda akan lebih produktif, tingkat
motivasi anda akan terus meningkat (seperti telah saya sampaikan pada
point 1 dan 2), serta anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih
cepat.
4. Beristirahat dan bersenang-senanglah
Ada satu saat dimana motivasi anda menurun dan anda merasa tidak
bersemangat. Mungkin anda telah melalui hari-hari yang panjang dan
melelahkan, atau tugas yang tersisa begitu beratnya untuk diselesaikan
dan memakan waktu yang sangat banyak. Anda bukanlah robot, oleh
karenanya saya sangat menyarankan anda untuk meninggalkan pekerjaan
sementara waktu.
Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton bioskop, pergi
ke restoran favorit, chatting, atau berkumpul bersama dengan
sahabat-sahabat anda.
Tujuannya disini adalah mengalihkan perhatian anda dari tugas-tugas
anda serta mengurangi stress/frustasi yang anda rasakan. Jadi ketika
anda melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan
mengenai tugas-tugas yang belum terselesaikan. Betul-betul lupakan
total! Ketika anda kembali pada tugas anda, saya yakin anda akan lebih
santai, segar dan termotivasi untuk melanjutkan.
5. Beristirahatlah sejenak.
Beristirahat lagi? Ya, namun kali ini adalah istirahat sejenak.
Setelah anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah break ringan selama
3-5 menit. Disarankan anda sedikit menjauh dari area kerja anda.
Penelitian mengatakan bahwa setelah anda bekerja selama 40-45 menit,
otak anda cenderung lelah atau melambat. Mungkin kondisinya tidak
memungkinkan anda untuk menunda atau meninggalkan pekerjaan. Namun
intinya adalah ketika anda merasa sangat lelah atau anda sudah tidak
dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum
segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar. Anda akan
mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga anda akan
termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan anda.
Jadikanlah 5 hal ini menjadi bagian dalam hidup anda. Jika anda dapat
melakukannya secara konsisten, saya rasa anda akan lebih produktif,
lebih antusias, lebih termotivasi dan memiliki rasa kepuasan diri yang
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar